5 Burung Kicau Indonesia dengan Harga Selangit

Sunday, September 4th 2016. | Untuk Burung

Ada beberapa jenis burung kicau yang sering kita jumpai seperti, burung kacer, murai, ciblek, jalak, anis, dan cucak ijo. Harga burung tersebut ada yang murah, ada pula yang mahal. Berikut deretan burung kicau termahal di Indonesia.

Anis Merah

Anis Merah di Sangkar

Anis Merah di Sangkar

Burung anis merah disebut juga dengan punglor merah. Hidup di wilayah tropis, anis merah dapat dijumpai di Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Bali. Bulunya berwarna coklat keemasan dengan paruh, sayap, serta ekor hitam. Burung berkicau teler ini berharga Rp600.000,- hingga Rp1.000.000,- untuk jantan, sedangkan betinanya sekitar Rp500.000,-.

Kacer

Kacer

Kacer

Pecinta burung tentu tahu bagaimana nyanyian merdu si kacer. Seperti kebanyakan burung kicau lainnya, kacer berasal dari daerah tropis. Populasinya di alam liar semakin sedikit, namun cukup banyak penggemar burung kicau beralih melirik kacer. Selain karena burung ini mudah dipelihara, harga jualnya pun cukup bagus. Seekor kacer muda dihargai sampai Rp300.000,-, setelah dewasa harganya Rp1.000.000,- lebih.

Baca juga: Manfaat Jangkrik MARKEL Untuk Sugar Glider

Murai Batu

Murai Batu Medan

Murai Batu Medan

Burung termahal berikutnya adalah Murai Batu. Murai batu adalah burung kicau tercantik, warnanya coklat dengan kombinasi hitam pada sayap dan ekor panjangnya. Murai batu dewasa harganya mahal, antara Rp1.000.000,- sampai Rp3.500.000,-. Selain itu ada juga jenis murai batu murah, yaitu murai air dan murai borneo yang biasa dijual seharga Rp250.000,- dan Rp600.000,- saja.

Cucak Rowo, cucak ijo & cucak jenggot

Cucak Ijo

Cucak Ijo

Burung dengan kicauan khas ini punya habitat asli di hutan tropis Asia Tenggara. Jenis cucak yang sering dijumpai antara lain, cucak rowo, cucak ijo dan cucak jenggot. Cucak ijo berpenampilan menarik dengan warna hijaunya yang cerah. Dua jenis lainnya berwarna pucat, namun harganya lebih mahal. Harga cucak rowo berkisar antara Rp2.000.000,- sampai Rp5.000.000,-. Sementara cucak jenggot dan cucak ijo termahal hanya dihargai  Rp1.000.000,-.

Jalak

Jalak

Jalak

Jalak dikenal lewat kicauannya yang keras, serta mudah untuk dilatih mengoceh. Jalak termasuk spesies dilindungi karena jumlahnya semakin sedikit. Dari sekitar 25 jenis, jalak bali paling mahal harganya. Sepasang burung jalak bali dibanderol Rp 5.000.000,- hingga Rp25.000.000,-, baik anakan maupun dewasa. Sementara jalak jenis lain hanya berharga di bawah Rp1.000.000,-.

Itulah beberapa jenis burung bersuara merdu berharga paling mahal di Indonesia. Para penghobi burung biasa memberi pakan jangkrik untuk menjaga celotehan burung mahal mereka. Jangkrik sangat baik karena kaya serat dan protein. Namun, jangkrik hidup mudah lepas dan mati.

Oleh karena itu kini banyak yang beralih ke tepung jangkrik. Selain kadar protein dan seratnya lebih tinggi dari jangkrik hidup, tepung jangkrik juga tahan lama. Kacer, murai, ciblek, bahkan jalak menyukai pakan tepung jangkrik ini. Membuat kicauan semakin merdu dan nyaring, serta menambah durasi ‘ngomel’ mereka.

tags: , , , , , , , ,