Aneka Jenis Makanan Landak Mini yang Baik

Thursday, September 1st 2016. | Untuk Landak Mini

Landak mini termasuk hewan pemakan serangga atau insektivor. Hewan peliharaan ini membutuhkan jenis makanan yang kaya protein. Sebetulnya landak mini dapat diberi makan apa saja, sih? Simak ulasan mengenai aneka jenis makanan landak mini yang baik berikut ini.

1. Makanan Kucing atau Anjing

Makanan Anjing

Makanan Anjing

Kandungan gizi di dalam makanan kucing atau anjing mirip dengan komposisi pakan landak mini yang belum diproduksi di Indonesia. Mengonsumsi makanan kucing atau anjing bermanfaat sebagai cadangan energi serta membentuk atau membangun otot si mungil kesayangan. Untuk menambah nafsu makan landak mini, pilihlah makanan dengan bau amis cukup kuat, baik itu berbahan dasar daging ayam, sapi, atau ikan. Untuk makanan primer ini, bisa diberikan antara 2-4 sendok makan pada sepasang landak. Kecuali pada landak mini obesitas, takarannya bisa dikurangi.

2. Sayuran, Buah, serta Biji-bijian yang Mudah Dicerna

Biji-bijian

Biji-bijian

Landak mini termasuk hewan peliharaan yang suka pilih-pilih makanan, lho. Sayuran, buah-buahan manis, dan biji-bijian dapat dijadikan makanan selingan si mungil. Berikan sayur dan buah yang dia gemari saja. Untuk biji-bijian, pilih yang gampang dicerna seperti kacang polong. Jagung tidak disarankan karena tergolong jenis biji-bijian yang susah dicerna.

Baca juga: Kandungan Nutrisi Jangkrik

3. Pakan yang Dilarang untuk Landak Mini

Susu

Susu

Tidak semua jenis makanan cocok diberikan pada landak mini. Cokelat atau susu yang mengandung laktosa, serta makanan asam seperti jeruk dan anggur dapat menyebabkan landak diare atau mencret sehingga kurang tepat dikonsumsi.

4. Jangkrik, Ulat Hongkong, dan Kroto

Jangkrik Segar

Jangkrik Segar

Ketiganya termasuk jenis makanan selingan yang sangat baik bagi landak mini. Kandungan protein pada jangkrik, ulat hongkong, dan kroto cukup tinggi. Pemberian pakan selingan bermanfaat agar landak tidak jenuh. Berikan camilan antara 3-7 hari sekali untuk landak normal dan 2-3 hari sekali bagi landak di masa pertumbuhan atau hamil dan menyusui.

5. Makanan Alternatif

Tepung Jangkrik

Tepung Jangkrik

Jika Anda memilih jangkrik sebagai makanan selingan, Anda tidak perlu bingung mencari jangkrik hidup. Salah satu produk jangkrik kering atau tepung jangkrik berkualitas yang dapat menjadi pilihan adalah produk jangkrik Markel yang bernutrisi, higienis, praktis, dan gampang dicerna. Camilan tepat bagi landak mini Anda.

Ingat! Memilih makanan tepat bagi landak mini peliharaan akan membuat fisiknya kuat dan sehat. Jangan sampai salah dalam memilih makanannya.

tags: , , , , , , , , ,