Apa yang Terjadi Jika Jangkrik Langka?

Thursday, September 8th 2016. | Info Jangkrik MARKEL

Jangkrik dikenal sebagai pakan beberapa hewan peliharaan, seperti murai batu, ikan arwana, sugar glider, dan sebagainya. Pada awalnya, jangkrik hanya bisa ditemukan di alam bebas. Namun, karena kebutuhan terhadap jangkrik sebagai pakan hewan peliharaan semakin bertambah, budidaya jangkrik pun menjadi lahan bisnis baru.

Sebagai daerah tropis, Indonesia sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk membudidayakan jangkrik. Karena itu, banyak orang menjajal jadi peternak jangkrik. Tidak sedikit dari mereka yang berhasil mendapatkan pemasukan yang lumayan besar dari aktivitas tersebut.

Merindukan Suara Jangkrik

Suara Jangkrik

Suara Jangkrik

Suara yang terdengar dari gesekan sayap jangkrik memang sangat unik. Biasanya, suara ini lebih jelas terdengar pada malam hari. Suara ini hanya keluar dari tubuh jangkrik jantan. Fungsinya adalah menarik perhatian jangkrik betina serta menghalau jangkrik jantan lainnya.

Secara ilmiah, suara jangkrik ternyata bisa digunakan untuk mengukur suhu udara. Semakin cepat suara jangkrik tersebut, artinya udara di sekelilingnya bertemperatur hangat. Sebaliknya, ketika udara menjadi dingin, suara jangkrik pun melambat. Dengan semakin maraknya pembangunan dan berkurangnya tempat untuk hidup bagi jangkrik, otomatis  hewan ini bisa menjadi langka. Suara jangkrik di perkotaan bisa dibilang adalah pengalaman yang mewah karena sangat jarang didapatkan.

Baca juga: Manfaat Jangkrik Untuk Pleci

Sebagai hewan yang berada dalam lingkup rantai makanan, jangkrik memiliki fungsi yang tidak bisa diabaikan. Hilangnya jangkrik dari rantai makanan tentu akan sangat berpengaruh, baik pada hewan pemangsanya maupun hewan yang menjadi makanannya.

Banyak Hewan Peliharaan Tergantung pada Jangkrik

Ketergantungan pada Jangkrik

Ketergantungan pada Jangkrik

Banyak penelitian menunjukkan bahwa jangkrik adalah pakan favorit dan penuh nutrisi bagi beberapa hewan peliharaan. Mengkonsumsi jangkrik membuat hewan-hewan peliharaan tersebut menjadi lebih indah, sehat, dan menarik. Bila jangkrik tidak bisa ditemukan dengan mudah, tentu saja akan berpengaruh besar terhadap hewan-hewan peliharaan itu.

Baca Juga : Produk Jangkrik Kering MARKEL

Beruntungnya, kini ada inovasi baru yaitu kehadiran jangkrik kering. Jangkrik kering bisa menjadi solusi bagi para pemilik hewan peliharaan ketika sulit menemukan penjual jangkrik hidup di daerahnya. Jangkrik kering ini tidak terlalu jauh berbeda daripada jangkrik hidup. Bahkan, jangkrik kering bisa dihaluskan sehingga hewan peliharaan bisa memakan pakan ini dalam bentuk yang berbeda.

tags: , , , , , ,