Bagaimana Membuat Bulu Kacer Mengkilap ?

Friday, July 22nd 2016. | Untuk Burung

Kacer adalah salah satu burung insectivora, artinya pemakan serangga. Dihabitatnya burung ini suka memakan serangga, baik yang terdapat di atas pepohonan maupun serangga yang ada di tanah. Adakah hubungan antara makanan dan warna bulu ? Lalu bagaimana membuat bulu kacer mengkilap ?

Sebelum membahas lebih lanjut, terlebih dahulu kita harus mengetahui zat penyusun bulu pada burung. Bulu tersusun dari protein yang disebut keratin. Pada kacer dewasa, bulu mengalami pertumbuhan dan rontok secara alami. Kemudian, bulu barn tumbuh kembali dalam suatu pole secara periodik sekitar setahun sekali dibawah pengaruh hormonal. Proses rontok bulu disebut dengan meluruh atau molting

Perawatan Saat Kacer Saat Mabung

Perawatan kacer saat akan mabung sebenarnya tidak perlu dibedakan dengan perawatan hariannya. Karena proses moulting adalah proses alami, sehingga penanganan maupun perawatan harian burung tidak perlu dibedakan. Justru faktor makanan lah yang perlu diperhatikan.

Mengapa faktor makanan perlu diperhatikan ? Karena proses penggantian bulu sangat erat kaitannya dengan proses hormonal. Itu artinya keseimbangan hormon harus tetap terjaga baik pada saat sebelum mabung, maupun saat proses tumbuh bulu.

Keseimbangan hormonal bisa terjaga apabila asupan makanan yang bergizi, memiliki protein serta asam amino essensial yang lengkap. Sumber nutrisi ini banyak terdapat dalam tubuh jangkrik. Silahkan cari melalui mesin pencari kandungan nutrisi yang terdapat dalam tubuh jangkrik.

Silahkan baca : Kandungan Nutrisi Jangkrik

Pengaturan hormon estrogen banyak berperan pada burung betina, yaitu sebelum hingga awal pergantian bulu. Sedangkan pada burung jantan kemungkinan diinduksi oleh bulu burung adalah dengan pengaturan testosteron.

Bagaimana Membuat Bulu Kacer Mengkilap ?

Seperti judul diatas tentang bagaimana membuat bulu kacer mengkilap adalah dengan memperhatikan pola makanannya. Bulu mengkilap erat kaitannya dengan warna dan kandungan minyak yang terdapat pada bulu burung kacer kesayangan anda.

Minyak di produksi oleh kelenjar yang terdapat pada bagian ekor. Jika diperhatikan, ada pentolan atau jendolan kecil pada bagian ekor burung kacer. Nah, disitula sumber minyak pada burung kacer di produksi. Minyak yang terdapat dalam kelenjar tersebut di sebarkan keseluruh bagian bulu dengan cara menyisir bulu satu-persatu. Kegiatan merapikan bulu oleh burung sering disebut dengan ndidis.

Sehingga untuk membuat bulu kacer mengkilap tentu saja anda harus memberikan pakan yang mengandung lemak agar bisa dirubah menjadi minyak. Atau bisa juga dengan cara memberi tambahan minyak pada makanannya.

Membuat Bulu Kacer Mengkilap Dengan Jangkrik dan Minyak Ikan

Dibagian akhir tulisan ini saya ingin berbagi trik dan tips untuk membuat bulu kacer mengkilap dengan jangkrik dan minyak ikan.

Bahan-bahan yang harus disiapkan

  1. Jangkrik hidup
  2. Spuit atau suntikan ukuran 1 ml atau bisa lebih besar
  3. Minyak ikan

Cara menyajikan jangkrik dan minyak ikan

Sedot minyak ikan menggunakan suntikan.

Ambil jangkrik yang masih hidup, matikan terlebih dahulu (ada baiknya anda berdoa menurut keyakinan masing-masing, agar kematian si jangkrik membawa manfaat).

Setelah jangkrik mati, buang kaki bagian belakang.

Tusuk dari bagian leher/bawah rahang menuju keperut menggunakan suntikan

Masukan minyak ikan kedalam perut jangkrik perlahan-lahan

Sajikan langsung jangkrik yang sudah terisi minyak tadi ke burung kacer kesayangan anda.

Perlu diperhatikan adalah pada saat menusuk bagian bawah rahang jangkrik, usahakan jarum langsung menuju bagian perut melalui dada jangkrik. Suntikan sedikit minyak hingga perut jangkrik mengembung. Jangan sampai minyak tumpah tercecer keluar. Sajikan jangkrik yang terisi minyak ini ke burung kacer setiap 2 hari sekali.

Cara Praktis Membuat Bulu Kacer Mengkilap

Jika anda tidak punya banyak waktu untuk menyajikan makanan diatas, anda bisa menggantinya. Menggunakan jangkrik MARKEL adalah cara praktis membuat bulu kacer mengkilap.

Karena jangkrik MARKEL di buat dengan campuran minyak ikan kods. Selain itu, jangkrik MARKEL lebih mudah dicerna jika dibandingkan dengan jangkrik hidup. Sudah banyak pelanggan MARKEL yang merasakan manfaatnya. Anda bisa klik link dibawah ini untuk melihat buktinya

Bukti Pelanggan Yang Menggunakan MARKEL Untuk Membuat Bulu Kacer Mengkilap

Selain sudah terbukti bisa mengkilapkan bulu kacer, kandungan nutrisi jangkrik MARKEL juga telah teruji di Laboratorium Balai Pengujian Mutu dan Sertifikasi Pakan, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan. Kementrian Pertanian Republik Indonesia.

tags: , ,