Bagaimana Murai Bertahan Hidup?

Thursday, August 25th 2016. | Untuk Burung

Jika mendengar kata murai, yang terbayang di benak kita adalah suaranya yang indah dan merdu. Banyak orang memelihara murai supaya bisa mendengar nyanyiannya setiap hari. Ada pula yang melatih murai untuk diikutkan pada pertandingan. Semakin nyaring dan merdu suara murai, nilai jualnya pun semakin tinggi.

Ada tiga jenis murai, yaitu murai batu, murai daun, dan murai biasa (kacer). Seperti kebanyakan bangsa burung, makanan utama murai antara lain adalah telur semut merah, ulat kandang, jangkrik, ulat hongkong, cacing tanah, rayap, dan sebagainya.

Khasiat Jangkrik untuk Murai

Burung Murai

Burung Murai

Untuk bertahan hidup, seperti makhluk hidup lainnya, murai harus mendapatkan makanan yang cukup dan bergizi. Salah satu makanan murai yang disebut-sebut memiliki banyak manfaat adalah jangkrik. Jangkrik memiliki berbagai macam kandungan makanan seperti protein, lemak, dan karbohidrat yang dibutuhkan oleh murai untuk bertahan hidup. Selain itu, jangkrik juga mengandung hormon steroid, progesterone, dan estrogen.

Baca juga: Manfaat Jangkrik Untuk Pleci

Oleh karena itu, memberikan jangkrik sebagai makanan untuk murai bukan hanya untuk mengenyangkan saja. Berbagai kandungan hormon yang terdapat pada jangkrik bermanfaat membuat suara murai terdengar lebih indah. Bukan hanya itu, memakan jangkrik pun akan membuat murai lebih bersemangat dan tidak mudah lelah saat berkicau.

Manfaat lain dari jangkrik yang dikonsumsi oleh murai adalah mempercepat produktivitas murai. Murai betina yang banyak mengkonsumsi jangkrik disebut lebih subur sehingga memungkinkannya menurunkan murai-murai .

Rentan Terluka

Murai Rentan Terluka

Murai Rentan Terluka

Selain manfaatnya, Anda pun perlu berhati-hati saat hendak memberikan jangkrik sebagai pakan untuk murai kesayangan Anda. Jangkrik memiliki kaki-kaki yang tajam yang dapat melukai tenggorokan murai. Sebelum menyuguhkan jangkrik pada murai, usahakanlah untuk melepaskan kaki-kaki jangkrik itu terlebih dahulu.

Bila tidak ingin repot mencari jangkrik hidup sebagai pakan untuk murai, Anda juga bisa memilih jangkrik kering. Kandungan jangkrik kering ini sama dengan jangkrik hidup sehingga cocok untuk pakan murai. Keuntungan menggunakan jangkrik kering sebagai pakan adalah bentuknya yang bisa dihaluskan. Selain itu, memilih jangkrik kering akan mengurangi risiko luka pada murai peliharaan Anda. Dengan demikian, murai bisa bertahan hidup lebih lama.

tags: , , , , , , , , , , ,