Cara Cepat dan Mudah Menjinakkan Sugar Glider

Monday, August 22nd 2016. | Untuk Sugar Glider

Tren hewan piaraan di kalangan pecinta binatang saat ini adalah sugar glider. Hewan kecil yang mulai banyak dipelihara ini adalah hewan sejenis tupai pohon dengan ukuran badan yang relatif kecil yakni 24-30cm dan beratnya sekitar 4-6 ons.

Sugar Glider Jinak

Sugar Glider Jinak

Di habitat aslinya, sugar glider merupakan hewan yang aktif mencari makanan di malam hari. Mereka biasanya berburu serangga kecil seperti jangkrik atau mencari getah manis dari pepohonan seperti akasia. Jika Anda memelihara sugar glider apalagi yang baru didapat dari alam liar, mungkin Anda membutuhkan waktu untuk menjinakkannya.

Saat memelihara hewan, tentunya ada harapan hewan tersebut menjadi jinak sehingga bisa Anda pegang kapan saja. Namun untuk menjinakkan sugar glider dibutuhkan kesabaran yang banyak, karena prosesnya bisa berlangsung selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Ciri-ciri sugar glider yang jinak adalah dia akan datang jika Anda panggil, tidak menggigit, tidak melompat dan kabur, dan tidak crabbing (mengeluarkan suara seperti terompet) jika dipegang.

Memberikan makanan sesuai habitat aslinya akan membantu sugar glider bertahan hidup di lingkungan yang baru. Sugar glider pun butuh waktu untuk beradaptasi terutama soal makanan.  Maka dari itu, memberikan jangkrik sebagai makanannya merupakan cara untuk menjinakkan hewan imut yang satu ini. Selain itu, manfaat jangkrik bagi hewan piaraan sangat besar. Kebutuhan nutrisi hewan piaraan terutama sugar glider seperti protein dan kalsium, bisa didapat dari jangkrik.

Sugar Glider Peliharaan

Sugar Glider Peliharaan

Berikut ini cara menjinakkan sugar glider dengan cepat dan mudah:

    • Mengajak bermain setiap hari (melakukan kontak fisik).
    • Memberi makan dengan tangan kita.
    • Letakkan kandang di tempat yang sering dilewati orang.
    • Mengenalkan bau badan kita, misalnya dengan meletakkan baju yang terkena keringat kita di kandangnya.
    • Menjinakkan di siang hari saat sugar glider diam dan mengantuk. Saat sugar glider tenang, biasakan meletakkannya di genggaman Anda dalam waktu yang lama.
    • Sering menggigitkan jari ke mulutnya dengan posisi kuku ada di bawah.

Baca juga: Tentang Jangkrik

Saat ini mendapatkan jangkrik hidup untuk pakan sugar glider sudah semakin sulit, belum lagi jika Anda geli atau jijik dengan serangga satu ini. Untungnya saat ini sudah terdapat produk tepung jangkrik yang bisa menjadi alternatif pakan sugar glider Anda. Saat mulai menjinakkan hewan ini, Anda bisa mencolek bubur tepung jangkrik dan berikan pada sugar glider dengan tangan Anda (handfeeding). Membuatnya merasa dekat dengan habitat asli akan membuat sugar glider nyaman sehingga akan lebih cepat jinak.

tags: , , , , , , , , ,