Cara Merawat Burung Murai Batu agar jadi Pemenang di Berbagai Kontes

Sunday, August 21st 2016. | Untuk Burung

Burung murai batu adalah burung asli Indonesia yang digemari para master burung kicau. Burung murai batu memiliki suara kicauan yang merdu dan bermelodi. Keistimewaan burung murai batu sebagai burung kicauan membuat harga jual dan beli burung jenis ini tergolong mahal. Dalam banyak kontes burung kicau, burung murai batu menempati posisi atas. Artikel kali ini membahas cara merawat burung murai batu agar jadi pemenang kontes.

Murai Batu

Murai Batu

Burung murai batu pada dasarnya adalah jenis burung yang mudah beradaptasi namun agresif. Butuh pengetahuan khusus untuk merawat burung ini termasuk dalam hal makanan. Berikut ini beberapa cara merawat burung murai batu yang benar:

  1. Pada pagi hari burung murai batu harus diangin-anginkan sampai matahari naik atau sekitar pukul 07.30 WIB. Setelah itu burung dimandikan dengan spray yang lembut.
  2. Kandang burung murai harus dibersihkan setiap hari dan jangan lupa untuk selalu menyediakan air minum di dalamnya.
  3. Burung murai batu bisa dijemur selama 1-2 jam setiap hari di tempat yang kemungkinan bertemu dengan burung sejenisnya kecil.
  4. Melatih kicauan burung murai bisa dilakukan setiap hari selama kurang lebih 3 jam dengan suara master atau rekaman suara burung.
  5. Pemberian makan untuk burung murai batu harus teratur. Makanan utama burung murai batu adalah jangkrik. Pada pagi hari, seekor burung murai bisa makan empat ekor jangkrik, sedangkan sore hari bisa dua ekor. Jangkrik mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh burung murai Manfaat jangkrik sebagai pakan utama burung murai batu yakni dapat meningkatkan kemampuan kicauan karena menghasilkan kalori yang lebih tinggi dibanding makanan lain.

    Murai Batu Medan

    Murai Batu Medan

Beberapa cara merawat burung murai batu agar dapat memenangkan kontes atau lomba kicau adalah memberikan makanan ekstra, misalnya jumlah jangkrik yang diberikan ditambah dan diberi makanan lain seperti ulat. Selain makanan, cara lain merawat murai batu untuk kontes adalah rajin menjemur dan mengisolasi burung murai batu dari burung yang sejenis.

Baca juga: Murai Tanpa Jangkrik Hidup

Namun beberapa master burung kicauan mengalami masalah dengan jenis pakan burung murai batu yakni jangkrik hidup karena alasan kesibukan, tidak tega membunuh, atau kesulitan mendapatkan jangkrik hidup. Saat ini telah ada produk tepung jangkrik sebagai subtitusi pakan burung murai batu. Selain memiliki manfaat praktis dan higienis, memberikan tepung jangkrik juga memudahkan kerja organ pencernaan burung. Dengan mengonsumsi tepung jangkrik, pencernaan burung murai batu menjadi lebih ringan, penyerapan lebih optimal, badan lebih fit, sehingga lebih sering berkicau. Tentunya butuh adaptasi bagi burung murai batu untuk mau mengonsumsi pakan dalam bentuk tepung.

tags: , , , ,