Cara Pemberian Tepung Jangkrik

Tepung jangkrik adalah makanan alternatif pengganti jangkrik. Tulisan kali ini akan membahas bagaimana cara pemberian tepung jangkrik untuk berbagai hewan peliharaan.

Penggunaan tepung jangkrik saat ini hanya sebatas sebagai pakan hewan. Padahal, produk yang terbuat dari jangkrik ini banyak mengandung gizi dan nutrisi yang baik untuk manusia. Mungkin karena belum ada yang bisa mengolah atau mungkin juga karena makanan yang terbuat dari jangkrik belum populer di Negeri tercinta ini.

Baiklah, daripada panjang lebar mari kita bahas tentang bagaimana cara pemberian tepung jangkrik untuk hewan peliharaan anda.

Cara Pemberian Tepung Jangkrik Untuk Burung

Sebagian besar burung yang populer dipelihara adalah jenis burung insectivora, yang artinya adalah pemakan serangga di habitatnya. Burung-burung tersebut biasa diberikan jangkrik hidup sebagai makanan tambahannya. Namun seiring waktu, kini para kicau mania tersebut sudah mulai mengganti jangkrik hidup untuk burung peliharaannya.

Cara memberikan tepung jangkrik untuk burung bisa dengan berbagai cara tergantung jenis burungnya. Karena banyak jenis burung yang dipelihara, kami membaginya menjadi 3 bagian berdasarkan paruhnya. Burung paruh besar, burung paruh medium dan burung paruh kecil.

Cara Penggunaan Tepung Jangkrik Untuk Burung Paruh Besar

Berbagai contoh burung paruh besar adalah, burung beo, burung kepodang, burung tengkek udang dan masih banyak lagi berbagai jenis burung insectivora yang memiliki burung paruh besar.

Pastikan burung-burung tersebut sudah terbiasa dengan pakan buatan (voer) dan hidup dalam sangkar. Penggunaan tepung jangkrik untuk burung paruh besar dirasa kurang cocok, karena butiran halus tepung jangkrik tidak bisa diambil oleh paruh burung tadi.

Alternatifnya anda bisa mengguakan tepung jangkrik yang memiliki textur kasar atau lebih besar, sebagai patokan besar bisa menggunakan voer hariannya. Dengan menggunakan jangkrik MARKEL anda bisa mengatur besar dan kecilnya butiran tepung jangkrik yang akan diberikan.

Cara Penggunaan Tepug Jangkrik Untuk Burung Paruh Medium

Burung kicau paruh medium jenisnya banyak yang dijadikan peliharaan. Murai batu, kacer, cucak ijo, dan masih banyak lagi jenis lainnya yang termasuk burung paruh medium. Berikut caranya :

  • Sediakan tepung jangkrik dan voer harian
  • Siapkan tempat atau wadah pakan burung
  • Campur tepung jangkrik dan voer harian kedalam satu tempat, dengan campuran 60% tepung jangkrik MARKEL sisanya 40% voer harian.

Selain di campur dengan voer harian, tepung jangkrik MARKEL juga bisa disajikan dalam wadah atau cepuk terpisah dengan voer hariannya.

Cara Penggunaan Tepung Jangkrik Untuk Burung Paruh Kecil

Berbagai jenis burung paruh kecil yang umum dipelihara adalah pleci atau kacamata, ciblek, prenjak, tledekan atau sulingan dan berbagai jenis burung kecil lainnya.

Cara penggunaan tepung jangkrik untuk burung paruh kecil adalah dengan mencampur dengan voer hariannya. Selain itu penambahan tepung jangkrik serta bahan lainnya bisa dijadikan racikan pakan untuk burung kesayangan anda.

Selain burung, tepung jangkrik MARKEL juga bisa diberikan hewan peliharaan lainnya. Dibawah ini saya akan memberikan tips bagaimana cara memberikan tepung jangkrik untuk hewan peliharaan.

Cara Pemberian Tepung Jangkrik Untuk Sugar Glider

Memberikan jangkrik untuk joey atau sugar glider yang masih kecil dipercaya berbahaya, karena organ pencernaan sugar glider masih bertumbuh dan belum kuat untuk mencerna jangkrik.

Namun hal tersebut tidak berlaku untuk tepung jangkrik. Sebab, tepung jangkrik dibuat dari jangkrik yang sudah dikeringkan lalu di giling hingga halus. Jangkrik Kering MARKEL lebih mudah hancur jika dibandingkan dengan jangkrik hidup. Apalagi jangkrik kering sudah di haluskan hingga menjadi tepung. Sama seperti anak manusia yang diberikan bubur nasi, padahal jika diberikan nasi utuh belum boleh.

Pemberian tepung jangkrik untuk joey sangat disarankan. Karena bahan tersebut banyak mengandung nutrisi dan gizi yang tinggi, terutama protein. Sehingga pertumbuhan joey kamu bisa tumbuh dengan optimal.

Penggunaan tepung jangkrik untuk joey bisa di campurkan dengan pakan hariannya dengan perbandingan 20% tepung jangkrik yang dicampur dengan bubur bayi atau makanan lainnya. Porsi tepung jangkrik bisa di tambah, seiring dengan umur joey kamu.

Sedangkan penggunaan tepung jangkrik untuk sugar glider dewasa bisa dengan campuran 30% hingga 40% tepung jangkrik dicampur dengan bubur bayi atau pakan harian lain yang biasa diberikan ke sugar glider kamu.

tags: , , , , ,