Cara Mencerahkan Warna Kulit Ikan Arwana

Friday, August 19th 2016. | Untuk Ikan Hias

Ikan arwana adalah jenis ikan predator yang ada di wilayah air tawar Asia termasuk Indonesia. Ciri khas ikan ini adalah memiliki warna kulit yang mencolok. Karena daya tarik ini, ikan arwana diminati para penggemar ikan hias dan harganya pun cukup mahal. Pesona ikan arwarna ada pada kulitnya yang berwarna merah, warna yang dipercaya oleh orang keturunan Tionghoa khususnya, sebagai pembawa keberuntungan.

Arwana Merah

Arwana Merah

Banyak permintaan untuk ikan arwana berkulit merah, sehingga banyak pembudidaya yang berusaha memunculkan warna merah pada arwana. Ada banyak faktor yang dapat meningkatkan warna merah pada tubuh arwana. Tidak semata-mata dari faktor gen, karena banyak yang membeli anakan ikan arwana merah namun badannya tidak berwarna merah.

Faktor pertama yang memengaruhi warna adalah paparan sinar matahari. Ikan arwana butuh paparan sinar matahari untuk memunculkan warna merah pada kulitnya. Kenyataannya, kebanyakan pemelihara ikan arwana meletakkan akuarium mereka di dalam rumah sehingga jauh dari jangkauan sinar matahari.

Faktor lain yang membantu meningkatkan warna merah pada arwana adalah makanan. Agar warna merah pada tubuh arwarna bisa muncul dan makin meningkat, Anda harus memberikan pakan yang mengandung zat karotenoid. Udang dan wortel adalah salah satu contoh makanan yang mengandung karotenoid. Ikan arwana adalah ikan pemakan segala termasuk udang. Masalahnya, harga udang termasuk mahal sehingga perlu dicari subtitusinya.

Arwana Warna-warni

Arwana Warna-warni

Ada beberapa pemelihara ikan arwarna yang menggunakan strategi memberi makan wortel sebagai pakan hidup ikan arwana. Harapannya, zat karotenoid bisa sampai pada ikan arwarna melalui perantara pakan. Beberapa jenis serangga juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan ikan arwarna salah satunya jangkrik. Jangkrik mengandung zat beta karoten sekaligus protein, asam amino, lemak, dan kalori yang dibutuhkan oleh ikan arwana.

Baca juga : Jangkrik Kering Untuk Arwana Golden Red

Akibat penggunaan jangkrik menjadi pakan ikan arwarna adalah air akuarium yang akan cepat keruh karena terdapat bagian-bagian tubuh yang tidak tertelan seluruhnya oleh ikan arwarna. Sisa makanan ini akan membusuk dan dapat meracuni ikan. Untuk itu ada baiknya Anda menggunakan jangkrik kering sebagai pakan ikan arwana. Karena pakan ini tidak bergerak, maka lebih mudah bagi ikan arwarna untuk menelannya bulat-bulat. Namun, pastikan ikan arwarna Anda sudah pernah diberi makan pakan mati. Jika belum, kemungkinan ikan arwana mau memakan jangkrik kering kecil sekali.

tags: , , , , ,