Extra Fooding Alternatif Untuk Burung Murai Batu

Tuesday, July 26th 2016. | Untuk Burung

Selain serangga, ternyata ada ef alternatif untuk burung murai batu. Dalam tulisan ini kami akan memberikan salah satu jenis extra fooding alternatif untuk burung murai batu peliharaan anda.

Jenis extra fooding alternatif untuk burung murai ini masih berbahan dasar serangga, yaitu jangkrik. Yups…. Jangkrik merupakan EF yang umum diberikan burung jenis insectivora. Berbagai jenis burung pemakan serangga tersebut selain murai batu adalah, kacer, anis, cucak hijau, berbagai macam jenis jalak, berbagai macam burung tledekan atau sulingan, dan masih banyak lagi jenis burung pemakan serangga lainnya.

Ef alternatif tersebut adalah jangkrik kering dan tepung jangkrik. Suatu bentuk jenis pakan yang terbuat dari jangkrik. Tepung jangkrik murni idealnya terbuat dari jangkrik kering yang dihaluskan menjadi tepung atau bubuk.

Cara Pemberian Jangkrik Kering Untuk Burung

Penyajian jangkrik kering sangat berbeda dengan pemberian jangkrik hidup. Hal tersebut karena textur, aroma dan bentuk jangkrik kering. Secara bentuk, jangkrik kering MARKEL tidak berbeda dengan jangkrik hidup, masih terlihat kepala, dada dan ekornya. Hanya saja bagian kaki sudah kami ayak, sehingga 90% sudah copot, kalaupun masih ada menempel 2-3 ekor saja.

Pemberian jangkrik kering tidak bisa diberikan langsung seperti kita memberikan jangkrik hidup untuk burung murai, kacer maupun burung pemakan serangga lainnya. Karena bertekstur keras, maka penyajiannya harus dihancurkan terlebih dahulu. Anda tidak perlu khawatir, kerasnya jangkrik kering tidak lebih keras dibandingkan dengan voer atau pur harian burung anda. Textur jangkrik kering mirip krupuk kulit kalo menurut saya.

Untuk awal penyajian, burung anda harus diperkenalkan terlebih dahulu dengan aromanya. Aroma jangkrik kering MARKEL ada yang bilang seperti udang goreng atau terasi goreng, ada juga yang bilang aromanya seperti kacang goreng.

Memperkenalkan aroma jangkrik kering MARKEL dengan cara meremas 1 – 2 ekor jangkrik kering hingga hancur sebesar pur harian. Taro dan letakan jangkrik kering yang sudah hancur tadi diatas pur hariannya. tidak perlu di aduk. Perhatikan, jika burung anda sudah mau makan jangkrik kering maka porsi jangkrik keringnya bisa ditambah.

Biasanya dalam waktu 3 – 5 hari, burung sudah lancar mengkonsumsi jangkrik kering MARKEL. Jika sudah demikian, penyajian bisa dalam wadah atau cepuk terpisah dengan pur harian.

Efek Jangkrik Kering Untuk Murai batu

Seperti yang dialami oleh pelanggan kami, burung murai peliharaannya sudah memperlihatkan efek yang signifikan setelah mengkonsumsi extra fooding alternatif untuk burung murai kesayangannya.

Namun demikian, tujuan utama mempergunakan extra fooding alternatif ini adalah agar lebih praktis, lebih higienis jika dibandingkan dengan jangkrik hidup dan yang utama adalah jangkrik kering lebih mudah dicerna jika dibandingkan dengan jangkrik hidup.

Coba anda browsing tentang sistem pencernaan burung. lalu coba anda remas antara jangkrik hidup dengan jangkrik kering MARKEL. Yang manakah yang lebih mudah hancur ?

Manfaat Extra Fooding Alternatif Untuk Burung

Setelah pemakaian lama, manfaat extra fooding alternatif untuk burung lebih terasa. Kita tidak lagi direpotkan dengan jangkrik hidup yang terkadang mati, bau bangkai jangkrik bahkan bangkai jangkrik yang disemutin tidak lagi kita temui.

Burung pun lebih sehat, karena penyerapan nutrisi jangkrik lebih optimal. Kerja organ pencernaan burung pun lebih ringan. Walaupun dalam kondisi mabung, murai batu pun tetap rajin berkicau dari ngeriwik hingga nge plong. Yang punya burung pun senang.

Jadi pemakaian extra fooding alternatif untuk burung ini membuat senang pemilik burung dan burung yang dipelihara. Everybody happy….. 🙂

tags: , ,