Ini Dia Manfaat Tepung Jangkrik bagi Burung Kicau Anda

Monday, September 5th 2016. | Untuk Burung

Inovasi telah dilakukan para pengusaha pakan burung untuk meningkatkan kualitas produknya. Salah satunya dengan mengembangkan pakan alami menjadi lebih tahan lama, tanpa mengurangi kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Kini telah banyak dijual pakan burung dari olahan jangkrik berupa tepung jangkrik. Dalam artikel kali ini kami akan membahas tentang manfaat tepung jangkrik bagi burung kicau.

Sebagai pakan burung, jangkrik mempunyai keistimewaan tersendiri. Kandungan protein dan kadar seratnya tinggi, baik untuk pertumbuhan. Burung kicau pemakan serangga seperti, kacer, ciblek, dan murai batu sangat menyukai jangkrik sebagai salah satu varian pakannya.

Burung Murai

Burung Murai

Namun sifat jangkrik hidup yang kurang praktis membuat para penghobi burung yang sibuk menjadi kesulitan dalam menyiapkan pakan bagi peliharaan mereka. Proses untuk menyiapkan jangkrik sebelum disajikan cukup memakan waktu, sehingga membuatnya tidak efisien. Selain itu, jangkrik hidup juga tidak tahan lama. Jika tempat penyimpanan kurang memadai, maka jangkrik akan mudah lepas dan mati. Berbagai alasan tersebut membuat masyarakat pecinta burung mulai mengembangkan produk olahan jangkrik hidup dalam bentuk tepung jangkrik.

Tepung jangkrik memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan jangkrik hidup. Kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya lebih tinggi. Disamping itu kadar airnya yang kurang dari 5%, menjadikannya tahan lama dan tidak perlu lagi khawatir akan persedian jangkrik hidup.

Baca juga: Manfaat Tepung Jangkrik MARKEL

Beberapa pendapat menyatakan bahwa satu kilogram tepung jangkrik, sebanding dengan 10 kilogram jangkrik hidup. Menurut kami itu kurang tepat, karena 1 kg jangkrik hidup setelah di keringkan dan di buat menjadi tepung hanya bersisa seperlimanya. Manfaat tepung jangkrik bermacam-macam, kadar protein tepung jangkrik lebih tinggi dari kandungan protein pada jangkrik hidup secara presentasi berat. Namun demikian perbandingan nilai protein 1 ekor jangkrik hidup setar dengan 1 ekor jangkrik kering. Burung yang tadinya pendiam dan jarang berkicau, akan mulai mengoceh setelah beberapa saat mengonsumsi pakan tepung jangkrik, hal ini karena konsumsi tepung jangkrik lebih mudah dicerna dan di serap kandungan nutrisinya. Selain itu protein yang terkandung dalam tepung jangkrik juga dapat meningkatkan birahi, sehingga baik untuk pengembangbiakan.

Tepung Jangkrik

Tepung Jangkrik

Pakan tepung jangkrik ini baik untuk diberikan pada burung kicau seperti, murai batu, anis merah, ciblek, kacer, sulingan, dan sebagainya. Oleh karena itu jika Anda punya burung kicau di rumah, mungkin ini saatnya untuk mengganti pakan mereka dengan tepung jangkrik. Di Indonesia, kini telah banyak dijumpai penjual produk tepung jangkrik, salah satunya di www.extrafoodingmarkel.com.

tags: , , , , , , , ,