Jangkrik, Makanan Terbaik untuk Cucak Ijo

Wednesday, August 24th 2016. | Untuk Burung

Sesuai namanya, burung cucak ijo memiliki ciri khas yakni bulunya yang sebagian besar berwarna hijau. Selain karena warna bulunya yang indah, cucak ijo juga memiliki suara yang sangat merdu. Burung cucak ijo juga bisa menirukan suara burung kicau lainnya. Keistimewaan inilah yang menarik minat kalangan kicau mania untuk memelihara cucak ijo.

Walaupun aslinya merupakan burung liar, burung cucak ijo mudah dijinakkan dan perawatannya pun mudah. Burung cucak ijo juga mudah dilatih untuk menirukan suara burung lain. Jika dilatih dengan serius oleh master, burung cucak ijo akan sering memenangkan lomba kicau. Tentunya untuk membuat cucak ijo rajin gacor, diperlukan perawatan yang baik, pemberian pakan yang berkualitas, dan memaster secara rutin.

Makanan sangat memengaruhi kualitas suara burung cucak ijo. Memberikan racikan pakan yang tepat akan membuat cucak ijo rajin gacor. Burung ini termasuk pemakan serangga dan buah. Buah adalah makanan utama dan serangga adalah pakan tambahan (extra fooding). Cucak ijo sangat menyukai buah pisang yang dagingnya berwarna putih, pepaya, dan apel. Kita bisa memberikan tiga jenis buah ini secara bergantian atau dicampur dalam satu wadah dan diberi madu.

Baca juga: Jangkrik MARKEL Untuk Murai Batu

Cucak Ijo

Cucak Ijo

Untuk pakan tambahannya, serangga yang cocok untuk cucak ijo adalah jangkrik, kroto, dan ulat hongkong. Namun pemberian ulat hongkong atau ulat bambu secara berlebihan bisa membuat bulu cucak ijo cepat rontok. Sekali makan, cucak ijo bisa memakan 3-5 ekor jangkrik. Jangkrik dipercaya mampu meningkatkan stamina cucak ijo sehingga burung ini bisa berkicau dengan volume tinggi. Daya tahan dan kualitas suara cucak ijo yang diberi pakan jangkrik lebih baik dibanding yang tidak diberi. Namun saat ini ketersediaan jangkrik hidup sebagai pakan tambahan semakin terbatas dan sulit didapat.

Pada kondisi ini burung cucak ijo harus dibiasakan makan makanan berbentuk tepung. Ada yang berpendapat boleh memberikan voer namun pengalaman kicau mania lain mengatakan voer bisa membuat suara burung cucak ijo serak. Maka dari itu produk jangkrik kering atau tepung jangkrik bisa menjadi solusi untuk masalah pakan tambahan. Di samping praktis dan higienis, kandungan nutrisi alami dari tepung jangkring sangat baik untuk kesehatan burung cucak ijo. Tepung jangkrik membuat pencernaan burung menjadi ringan dan nutrisinya mudah diserap, sehingga tubuh burung cucak ijo menjadi fit dan lebih sering gacor.

tags: , , , , , , , , , , , , , ,