Kandang yang Aman dan Nyaman Bagi Burung Berkicau (Ocehan)

Monday, August 29th 2016. | Untuk Burung

Anda pencinta burung? Buat yang memelihara burung, terutama jenis berkicau (ocehan), kandang yang tepat sangat penting bagi keamanan, kesehatan, dan kenyamanan penghuninya. Mengingat burung tetap perlu merasa terbang bebas meski di dalam kandang, kandang yang sempit dapat membuat mereka gelisah dan stres. Sama seperti manusia yang pastinya tidak tahan dikurung, burung pun bisa sakit bila kandang tidak bisa membuat mereka bebas bergerak.

Lalu, kandang yang seperti apa yang aman dan nyaman bagi burung ocehan? Berdasarkan tiga (3) desain berbeda, inilah manfaat kandang umbaran agar burung kesayangan Anda tetap merdu berkicau namun Anda juga tidak terlalu repot:

1. Kandang umbaran non permanen

Kandang Burung Rumah

Kandang Burung Rumah

Jika Anda tidak memiliki lahan yang cukup luas untuk memelihara dan mengembangbiakkan burung ocehan, kandang umbaran non permanen termasuk yang bisa jadi pilihan. Selain lumayan luas bagi burung, kandang ini juga dapat dibongkar dan dipasang kembali dengan mudah. Penyimpanannya juga tidak akan terlalu makan tempat.

Baca juga: Tepung Jangkrik

2. Kandang umbaran permanen

Kandang Burung Berkicau

Kandang Burung Berkicau

Berbeda dengan kandang umbaran non permanen, bagian kaki dari kandang ini dilas secara permanen ke lantai. Kandang ini cocok untuk Anda yang memiliki lahan luas. Pastikan desain kandangnya juga lebih luas untuk para burung ocehan kesayangan Anda. Mereka bisa bebas terbang di dalamnya. Dijamin, kicauan mereka akan terdengar indah setiap hari.

3. Kandang umbaran gantung

Kandang Burung Gantung

Kandang Burung Gantung

Kandang ini mungkin yang paling banyak peminatnya, karena jauh lebih praktis daripada kedua kandang umbaran lainnya yang sudah disebutkan. Mau lahan kecil atau besar, sama saja. Selain bisa digantung di mana saja, kandang ini juga lebih mudah disimpan. Sayangnya, Anda tidak bisa memelihara burung terlalu banyak dengan kandang seperti ini. Habis, tempatnya sempit sekali. Bisa-bisa mereka stres karena tidak banyak ruang gerak.

Jadi, kandang umbaran mana yang akan Anda pilih untuk burung ocehan Anda? Pastikan kandang tersebut sesuai dengan lahan dan jumlah burung yang ingin Anda pelihara. Tentu saja, punya kandang yang tepat harus dibarengi dengan pemberian pakan secara teratur dan cek kesehatan berkala oleh dokter hewan. Apalagi, bila Anda ingin mengikutsertakan burung ocehan peliharaan Anda untuk lomba berkicau.

Sumber:
http://www.bukaparuh.com/2015/12/manfaat-kandang-umbaran-bagi-burung.html
https://omkicau.com/kategori-populer/sangkar-burung-dan-perlengkapan-lain/
http://www.suaraburungs.com/2014/11/revolusi-mental-kacer-mbagong.html

tags: , , , , ,