Landak Mini, Hewan Kecil Menggemaskan yang Mudah Pemeliharaannya

Saturday, August 20th 2016. | Untuk Landak Mini

Landak mini adalah salah satu jenis landak yang bertubuh kecil dan durinya tidak tajam. Hewan mamalia yang satu ini ukuran terbesarnya hanya setelapak tangan orang dewasa. Ukuran tubuhnya yang mungil membuat landak mini menjadi hewan piaraan yang lucu dan menggemaskan seperti hamster atau kelinci.

Landak mini termasuk hewan nocturnal yang aktif mencari makan di malam hari. Perilaku hewan imut ini cenderung pemalu dan takut disentuh, untuk itu kandang landak mini sebaiknya dibuat gelap. Kandang landak mini bisa berupa akuarium atau kandang lain yang terbuat dari logam atau plastik. Kandang landak mini ukurannya harus cukup besar dan tinggi, agar landak mini leluasa bergerak dan tidak bisa memanjat. Untuk alas kandangnya, cukup berikan serbuk kayu supaya hangat dan tambahkan beberapa mainan yang bisa dibeli di toko hewan.

Landak Mini Imut

Landak Mini Imut

Kandang landak mini harus diperhatikan kebersihannya agar terhindar dari risiko bakteri penyebab penyakit. Seminggu atau empat hari sekali kandang dibersihkan dan suhunya dijaga agar tetap hangat. Anda tidak perlu khawatir akan repot membersihkan kotorannya, karena landak mini membuang kotoran hanya sekali dalam sehari dan kotorannya pun kering dan tidak berbau.

Selain kandang, landak mini sendiri juga perlu dibersihkan. Cara membersihkan landak mini adalah dengan memandikannya secara perlahan dengan menyikat lembut dan memberikan sampo bayi secukupnya. Landak mini adalah perenang yang baik, untuk itu tidak perlu khawatir dia akan tenggelam saat dimandikan. Setelah mandi, jangan lupa mengeringkan badan landak mini dengan kain halus dan pastikan benar-benar kering saat dikembalikan ke kandangnya supaya kandang tidak lembab.

Baca juga: Makanan Alternatif Untuk Landak Mini

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan saat memelihara landak mini adalah makanannya. Landak mini adalah hewan pemakan serangga, untuk itu tidak boleh diberi sembarang makanan. Makanan utama landak mini adalah berbagai jenis serangga misalnya jangkrik, ulat hongkong, ulat jerman, dan lain-lain. Serangga ini bisa diberikan bersamaan dengan makanan kering yang biasa diberikan pada kucing atau anjing.

Manfaat jangkrik sangat baik untuk landak mini karena banyak mengandung protein, lemak, dan kalsium. Tetapi tentunya memberikan jangkrik hidup pada wadah pakan landak mini akan sangat merepotkan karena jangkrik bisa lompat kesana kemari. Sebagai alternatifnya, Anda bisa memberikan tepung jangkrik yang bisa dicampur dengan ulat atau pakan kering. Dengan menggunakan tepung jangkrik, tentunya pemberian makanan untuk landak mini akan sangat praktis dan efisien sehingga memeliharanya pun semakin mudah dan menyenangkan.

tags: , , , , , , , , ,