Manfaat Jangkrik Untuk Pleci

Tuesday, July 12th 2016. | Untuk Burung

Manfaat Jangkrik Untuk Pleci

Burung pleci atau sering disebut sebagai burung kaca mata sudah banyak penggemar kicauannya. Burung kecil yang di habitatnya hidup berkelompok, hinggap di pucuk pohon, hinggap dari dahan-dahan terkecil. Sering banyak ditemui pada saat musim pohon berbunga. Karena pada saat musim berbunga banyak terdapat makanan utamanya, yaitu ulat kecil dan nektar bunga.

Sebagai burung peliharaan, burung pleci biasa di berikan pur halus dan buah-buahan sebagai makanannya. Sedangakan untuk makanan tambahannya biasa di berikan serangga berukuran kecil. Tulisan Kali ini saya akan membahas manfaat jangkrik untuk pleci sebagai makanan tambahannya.

Kandungan Protein Jangkrik

Serangga ini diberikan ke burung karena kandungan protein jangkrik yang tinggi. Selain itu kandungan asam amino essensial yang tidak bisa di produksi oleh burung pleci banyak terkandung dalam tubuh jangkrik. Kandungan hormon testoteron juga terkadang menjadi alasan diberikannya jangkrik untuk pleci kesayangan.

Baca Selengkapnya : Kandungan Nutrisi Jangkrik

Kandungan protein dan asam amino inilah yang membuat jangkrik sangat bagus diberikan untuk burung pleci kesayangan anda. Kandungan hormonnya juga menjadi salah satu alasan memberikan jangkrik untuk pleci peliharaan.

Silahkan baca selengkapnya melalui link diatas tentang kandungan nutrisi yang terkandung dalam jangkrik secara lengkap.

Manfaat Jangkrik Untuk Pleci

Kandungan protein dan asam amino bermanfaat sebagai pembangun jaringan tubuh yang rusak termasuk bulu burung pleci. Jadi, jika pleci peliharaan anda sedang dalam kondisi mabung atau rontok bulu, berikan jangkrik untuk pleci kesayangan anda. Jangan malah di kurangi.

Selain membantu pertumbuhan jaringan tubuh, protein juga bisa disimpan sebagai energi cadangan untuk burung pleci. Hal tersebut jika protein untuk pertumbuhan berlebih, maka akan di ubah sebagai bahan bakar untuk tenaga.

Kandungan hormon dalam tubuh jangkrik membuat burung pleci dalam kondisi prima. Di gadang-gadang hormon testoteron membuat pleci dalam kondisi birahi sehingga dalam kondisi ini burung pleci lebih rajin berkicau atau biasa kita sebut dengan gacor.

Cara Memberikan Jangkrik Untuk Pleci

Menyajikan jangrik untuk burung pleci ada trik khusus, karena di habitatnya burung ini tidak mengkonsumsi jangkrik liar.

Pilih jangkrik yang berukuran kecil, karena burung pleci mempunyai paruh yang kecil. Jika perlu potong-potong tubuh jangkrik hingga berukuran kecil agar burung lebih mudah mengkonsumsinya.

Pastikan jangkrik yang di sajikan sudah dalam kondisi tidak bernyawa, lalu putuskan kaki-kaki bagian belakang. Kondisi jangkrik mati bermanfaat agar pada saat dimakan tidak melakukan perlawanan ke burung kesayangan. Karena akan sangat berbahaya jika jangkrik masih hidup lalu di makan oleh burung pleci. Bisa-bisa burung peliharaan anda sakit bahkan bisa langsung menemui ajal.

Jika anda tidak punya banyak waktu untuk memberikan jangkrik hidup untuk burung pleci, ganti jangkrik hidup dengan jangkrik kering atau tepung jangkrik. Dengan mengganti jangkrik tersebut, anda tidak perlu repot lagi menyediakan bahkan memelihara jangkrik agar tetap hidup untuk hewan kesayangan anda.

tags: , , ,