Kiat Memelihara Ikan Louhan

Thursday, August 18th 2016. | Untuk Ikan Hias

Ikan louhan adalah jenis ikan air tawar yang populer dengan dahi menonjol dan warna sisik indah. Perawatan ikan louhan yang salah, dapat membuat kecantikannya berkurang. Berikut kiat memelihara ikan louhan dengan tepat.

1. Pemilihan Akuarium

Akuarium

Akuarium

Pilihlah ukuran akuarium yang sesuai dengan besar ikan louhan, jangan terlalu kecil atau pas dengan ukuran ikan. Hal ini akan membuat ruang gerak ikan terbatas. Ukuran akuarium ideal adalah ¾ kali lebih besar dari ukuran louhan.

2. Perlengkapan Akuarium

Perlengkapan Akuarium

Perlengkapan Akuarium

Anda harus membuat akuarium senyaman mungkin dan mirip habitat asli ikan louhan. Pastikan perlengkapan akuarium tersedia, antara lain, alat suplai oksigen, penyaring atau filter, tanaman air, pasir, bebatuan, dan perhatikan juga suhu air (jangan terlalu dingin karena dapat menghambat pertumbuhan louhan). Apabila suhu air terlampau dingin, dapat dinaikkan dengan alat heater/pemanas dan penerangan yang cukup.

3. Bersihkan Akuarium

Bersihkan Akuarium

Bersihkan Akuarium

Jangan lupa untuk rutin membersihkan dan mengganti air akuarium Anda. Pembersihan akuarium dapat dilakukan 1-2 minggu sekali. Jangan terlalu sering melakukan pembersihan akuarium karena sudah menggunakan filter.

4. Lakukan Interaksi

Louhan Interaktif

Louhan Interaktif

Lakukan kontak dengan ikan louhan peliharaan Anda. Ajak dia bermain dengan menggerakkan tangan Anda di dekat akuarium atau meletakkan cermin di sisi akuarium.

5. Makanan

Louhan Makan

Louhan Makan

Berikan makanan yang tepat agar pertumbuhan ikan louhan juga baik. Makanan untuk ikan ini ada dua jenis, yaitu makanan alami dan makanan buatan. Anda dapat mengombinasikannya. Untuk makanan buatan atau pelet ikan, sebaiknya diberikan sejak louhan masih kecil. Jenis makanan alami yang pas bagi louhan contohnya adalah jentik nyamuk, cacing tanah, cacing rambut, udang, dan jangkrik. Pemberian makanan alami cukup 1 kali sehari.

6. Pakan Alternatif Bermutu

Makanan Louhan

Makanan Louhan

Anda pun dapat memberikan jangkrik kering sebagai pakan alternatif yang baik untuk louhan. Produk jangkrik Markel merupakan salah satu contoh jangkrik kering berkualitas prima. Pakan jangkrik kering lebih praktis karena tidak perlu repot dengan pemeliharaan jangkrik supaya tetap hidup, higienis sebab dikeringkan menggunakan oven yang membuat bakteri dan bibit penyakitnya mati, tanpa pengawet, serta mudah dicerna sehingga penyerapan nutrisi lebih maksimal.

Baca juga: Jangkrik Kering Untuk Louhan

Demikian kiat memelihara louhan. Salah satu faktor penting guna mencetak louhan berkualitas adalah pemberian pakan yang tepat. Ingat! Jangan asal merawat dan memberi makan, ya.

tags: , , , , , , , , ,