Menelisik Kegunaan Jangkrik sebagai Pakan Peliharaan

Friday, August 26th 2016. | Info Jangkrik MARKEL

Jangkrik adalah sejenis serangga yang hidup di alam bebas. Daerah tropis seperti Indonesia merupakam tempat yang sangat cocok bagi kelangsungan hidup jangkrik. Hewan ini juga diternakkan untuk menjadi pakan hewan peliharaan. Memelihara jangkrik tidak terlalu sulit. Makanan utamanya adalah sayur-sayuran dan buah-buahan.

Dari beberapa penelitian ditemukan fakta bahwa jangkrik memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi hewan peliharaan yang mengkonsumsinya. Kandungan tersebut antara lain protein, lemak, hormon progesterone, hormon estrogen, dan hormon testoteron. Ketiga kandungan hormon tersebut bermanfaat untuk membantu perkembangbiakkan hewan peliharaan.

Lalu, hewan apa sajakah yang membutuhkan jangkrik sebagai pakan? Beberapa di antaranya adalah:

Murai batu

Murai Batu Medan

Murai Batu Medan

Memberikan jangkrik pada murai batu dapat membuat burung ini rajin berkicau. Murai juga tidak mudah lelah, justru lebih bersemangat bila rutin mengkonsumsi jangkrik. Selain itu, hormon yang terdapat dalam tubuh jangkrik mampu membuat induk murai batu lebih cepat bertelur.

Baca juga: Beli Jangkrik MARKEL Gratis Ongkir

Ikan arwana

Arwana Merah

Arwana Merah

Manfaat jangkrik bagi ikan arwana antara lain bisa membuat sisik arwana lebih cerah dan bersih. Hal ini disebabkan oleh kandungan betakaroten yang ada pada jangkrik. Sebelumnya, jangkrik perlu diberi makan wortel untuk memaksimalkan kandungan betakaroten tersebut.

Sugar glider

Sugar Glider Jinak

Sugar Glider Jinak

Sugar glider juga menyukai jangkrik sebagai makanan. Hewan nokturnal ini membutuhkan jangkrik untuk memenuhi kebutuhannya yang tinggi terhadap protein. Jangkrik boleh diberikan pada sugar glider asalkan kaki-kaki jangkrik yang tajam telah dilepaskan terlebih dahulu

Landak mini

Landak Mini

Landak Mini

Hewan peliharaan yang menggemaskan ini juga membutuhkan jangkrik sebagai sumber protein.

Jalak

Jalak

Jalak

Seperti halnya pada murai batu, pemberian jangkrik sebagai pakan pada jalak juga membuat suaranya lebih nyaring.

Ikan louhan

Louhan

Louhan

Jangkrik pun menjadi salah satu pakan favorit ikan louhan. Namun, perlu diperhatikan intensitas pemberiannya. Ikan louhan yanhg terlalu sering makan jangkrik akan berkulit lebih gelap.

Selain memberikan jangkrik hidup sebagai pakan untuk hewan-hewan peliharaan tersebut, ada pilihan lain yaitu menggunakan jangkrik kering. Bisa dibilang, kualitas kedua jenis jangkrik ini tidak terlalu jauh berbeda. Keuntungannya, kita tidak lagi repot mencari jangkrik hidup untuk diberikan pada hewan-hewan kesayangan kita.

tags: , , , , , , , , , , ,