Pakan Alami atau Buatan, Lebih Bagus Mana?

Wednesday, September 7th 2016. | Untuk Ikan Hias

Antara pakan alami atau buatan, lebih bagus mana? Dalam memilih pakan untuk hewan peliharaan, perlu memperhatikan kandungan nutrisi, kebersihan, dan keamanan bagi hewan. Selain itu, pecinta hewan juga perlu mempertimbangkan faktor ekonomis serta efisiensi dari penggunaan pakan tersebut. Seperti pada jangkrik, pakan ini sangat bagus untuk ikan hias maupun burung kicauan. Namun jika terdapat kesalahan dalam penyajian, jangkrik bisa jadi berbahaya bagi peliharaan Anda. Kaki-kakinya yang keras dan tajam dapat melukai ikan arwana atau louhan Anda, jika tidak dibersihkan terlebih dahulu.

Kodok

Kodok

Pada dasarnya hewan peliharaan lebih menyukai pakan alami daripada pakan buatan. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa penggunaan zat berbahaya dalam penangkaran pakan alami, seperti jangkrik, udang, cacing, ulat, dan sebagainya, akan berdampak buruk bagi ikan hias dan burung kicau Anda.

Banyak produsen pakan buatan mengklaim bahwa produknya aman dikonsumsi. Selain itu juga mampu meningkatkan performa hewan peliharaan.  Namun tidak semuanya dapat dipercaya. Sebagai pecinta binatang, Anda wajib menelisik lebih jauh sebelum memilih produk pakan buatan yang akan dibeli.

Baca juga: Jangkrik Hidup VS Jangkrik Kering

Lalu manakah yang lebih bagus? Pakan alami atau buatan

Pakan alami atau buatan, lebih bagus mana? Setiap jenis pakan memiliki kelebihan masing-masing, contohnya jangkrik. Jangkrik hidup mengandung gizi yang sangat dibutuhkan ikan hias dan burung kicau. Warna ikan arwana akan jadi lebih pekat dengan mengonsumsi jangkrik muda. Demikian juga murai batu, yang akan berkicau lebih lantang jika diberi pakan jangkrik. Kekurangan dari jangkrik adalah membutuhkan perlakuan khusus dalam penyajian dan penyimpanan. Risiko kerugian akan Anda derita jika tidak menyimpannya secara baik dan benar.

Udang

Udang

Lain halnya dengan jangkrik kering dan tepung jangkrik. Kedua jenis pakan ini sama-sama terbuat dari bahan jangkrik, tapi dengan proses pengolahan yang berbeda. Keunggulannya terdapat pada kandungan nutrisi dan ketahanannya. Proses pengolahan  bersih dan higienis akan meningkatkan kadar protein, juga menjadikannya tahan lama. Bisa dikatakan bahwa jangkrik kering dan tepung jangkrik merupakan pakan berkualitas. Namun masih banyak yang belum mau beralih ke pakan jenis ini disebabkan harganya dirasa lebih mahal.  Tapi jika dilihat lagi, tentunya nilai itu sepadan dengan manfaat yang diperoleh dari pakan buatan tersebut.

tags: , , , , , , , , , , ,