Perawatan dan Pakan Wajib Anis Merah Supaya Gacor

Friday, September 2nd 2016. | Untuk Burung

Burung kicau ini termasuk golongan burung pemarah dan mudah merajuk saat kita melakukan kesalahan sedikit saja, sehingga memerlukan kesabaran dan ketelatenan ekstra dalam pemeliharaan dan perawatannya. Berikut kiat merawat anis merah dan pakan wajib yang dapat diberikan supaya gacor atau lantang berkicau.

1. Kebersihan Burung

Anis Merah di Sangkar

Anis Merah di Sangkar

Jagalah kebersihan burung anis merah dengan rajin memandikannya setiap pagi menggunakan semprotan atau bak sesuai kebiasaannya. Sebelum dimandikan, taruh burung di luar rumah selama kurang lebih 30 menit agar tidak kaget. Setelah dimandikan, jemur di bawah sinar mentari dan udara pagi selama kurang lebih 1 jam.

2. Kebersihan Kandang

Kandang Burung Unik

Kandang Burung Unik

Anda harus rajin membersihkan kotoran di sangkar burung, menambah makanan anis merah dan mengganti air minum burung tersebut dengan air masak baru atau air mineral.

Baca juga: Kandungan Nutrisi Jangkrik

3. Pemasteran

Anis Merah

Anis Merah

Pemasteran adalah terapi yang dilakukan dengan cara memperdengarkan suara anis merah jawara/anis gacor bertipe suara sama dengan anis merah peliharaan Anda secara langsung atau melalui MP3.

4. Makanan Utama

Cacing Tanah

Cacing Tanah

Pakan wajib anis merah yang sangat baik dikonsumsi adalah cacing tanah. Berikan cacing tanah antara 2-3 ekor setiap hari. Pakan selanjutnya yaitu buah pepaya. Nutrisi yang terkandung dalam buah itu dapat memenuhi kebutuhan gizi anis merah setiap harinya. Manfaat pemberian pepaya secara rutin ialah untuk menetralkan birahi anis merah supaya normal/tidak berlebihan.

5. Makanan Selingan

Ketergantungan pada Jangkrik

Ketergantungan pada Jangkrik

Untuk menghindari kebosanan dan burung enggan makan, pemberian pakan selingan sangat membantu. Makanan selingan yang cocok bagi anis merah di antaranya adalah kroto dan jangkrik. Kroto dapat diberikan seminggu sekali dengan takaran sebanyak 1 sendok teh sementara jangkrik dikonsumsi sebanyak 1-2 ekor dalam seminggu. Jangan berlebihan supaya burung tidak over birahi. Jangkrik pun sebaiknya ditaruh pada wadah makannya saja/jangan langsung diberikan.

6. Pakan Alternatif Berkualitas

Suara Jangkrik

Suara Jangkrik

Jika Anda kesulitan untuk mencari jangkrik hidup, Anda dapat menggantinya dengan jangkrik kering atau tepung jangkrik. Selain lebih praktis karena tidak harus memelihara jangkriknya, jangkrik kering pun lebih gampang dicerna, kebersihan terjamin, tidak menggunakan bahan pengawet, serta aman dikonsumsi anis merah peliharaan Anda. Produk unggulan jangkrik kering yang beredar di pasaran salah satunya adalah jangkrik dan tepung jangkrik Markel.

Perhatikan perawatan dan pakan anis merah supaya burung tetap sehat dan lantang berbunyi/gacor.

tags: , , , , , , , , , , ,