Tepung Jangkrik

Sunday, July 10th 2016. | Info Jangkrik MARKEL

Bubuk jangkrik atau yang lebih populer dengan nama tepung jangkrik saat ini mulai di minati oleh pemilik hewan peliharaan. Hewan peliharaan yang sering mengkonsumsi tepung jangkrik di antaranya adalah burung kicau pemakan serangga, sugar glider dan terkadang pemilik landak mini pun memberikan pakan alternatif untuk hewan peliharaannya.

Cara Membuat Tepung Jangkrik

Silahkan anda browsing menggunakan mesin pencari anda (google, bing, ask dan yang lainnya) banyak di dapatkan beberapa artikel tantang cara membuat tepung jangkrik sebagai pakan alternatif ini. Secara harfiah tepung jangkrik adalah jangkrik yang di olah menjadi bentuk bubuk atau tepung. Sebelum di olah, sudah menjadi keharusan jangkrik melalui proses pengeringan terlebih dahulu.

Keringkan jangkrik dengan cara di sekap, jangan bunuh dengan air panas atau di rebus/kukus. Karena bisa menambah kadar air yang berpengaruh terhadap lamanya proses pengeringan. Setelah jangkrik mati, masukan kedalam oven untuk di keringkan. Setelah jangkrik mengeringg, gunakan gilingan untuk menghaluskan hingga menjadi bubuk atau tepung jangkrik.

Kualitas Tepung Jangkrik

Kualitas tepung jangkrik di tentukan oleh beberapa faktor. Yang paling utama adalah kemurnian atau bahan pembuatnya. Semakin besar kandungan jangkrik kering yang terdapat dalam produk bubuk jangkrik akan meningkatkan kualitas produk tepung jangkrik atau bubuk jangkrik tersebut. Semakin murni jangkrik yang terkandung dalam tepung jangkrik, maka akan semakin tinggi juga harga jualnya.

Selain kemurnian atau kandungan jangkrik kering. Kualitas serbuk jangkrik juga di tentukan dengan kadar air yang terkandung di dalamnya. Semakin rendah kadar air, akan semakin meningkatkan kualitas produk tersebut. Kadar air berkaitan erat dengan berat dan daya tahan produk untuk di simpan. Dengan kadar air yang tinggi maka kemungkinan produk menjadi jamuran (bulukan) akan semakin besar. Selain memperpendek waktu penyimpanan kadar air juga berkaitan dengan berat. Semakin tinggi kadar air maka secara jumlah atau kuantitas produk akan semakin berkurang.

Yang menjadi pertanyaan bagaimanakah kita menentukan bahwa produk itu baik atau tidak ? Tidak perlu teknik ataupun trik khusus untuk mengujinya. Dengan kasat mata pun akan mudah terlihat dengan jelas. Jangkrik kering jika di haluskan akan tetap muncul serat-serat halus dari bagian tubuh jangkrik. Bagian kaki dan kepala jangkrik adalah bagian yang sulit untuk di haluskan, terlebih sampai berbentuk butiran yang sangat halus. Butuh energi dan waktu yang lama untuk menghaluskannya, dan itu ber imbas terhadap harga jual produk bubuk jangkrik itu sendiri.

Tepung Jangkrik MARKEL

Sementara untuk kadar air akan sangat mudah sekali mendeteksinya. Semakin tinggi kandungan air, maka produk bubuk jangkrik akan lebih mudah menggumpal. Ambil sedikit sampel produk serbuk jangkrik, remas dengan tangan. Apakah produk tersebut menggumpal atau tidak? Jika produk itu menggumpal dan sulit untuk hancur, bisa di pastikan bahwa produk tersebut banyak mengandung air.

Selain itu warna produk juga akan terlihat dengan sangat mudah. Jangkrik kalung yang di keringkan cenderung berwarna coklat kehitaman atau hitam. Bukan berarti produk tersebut hangus atau gosong, melainkan warna itu adalah ciri khas warna jangkrik kalung yang telah dikeringkan.

MARKEL adalah salah satu produsen serbuk jangkrik murni yang ada. MARKEL memang bukan yang pertama membuat produk ini, namun bisa di sebut sebagai salah satu pelopor produk tepung jangkrik murni tanpa campuran. Ini bisa anda buktikan sendiri dengan mudah, karena selain menjual produk bubuk jangkrik. MARKEL juga menjual produk jangkrik kering utuh. Sehingga anda bisa lebih yakin untuk mengecek kadar kemurnian produk serbuk jangkrik MARKEL.

Dengan kandungan nutrisi yang telah teruji, produk jangkrik bubuk MARKEL menjamin kadar protein, lemak, serat bahkan kadar air yang teruji. Selain itu produk bubuk jangkrik MARKEL sudah terbukti di sukai dan bermanfaat bagi hewan peliharaan. Silahkan klik link ini untuk info pelanggan kami terdahulu yang telah mencoba produk bubuk jangkrik MARKEL.

Klik link ini untuk mengeahui harga dan varian tepung jangkrik MARKEL

Tepung Jangkrik MARKEL