Tips Memberi Pakan yang Baik untuk Arwana

Tuesday, August 23rd 2016. | Untuk Ikan Hias

Pada dasarnya memelihara ikan arwana itu gampang-gampang susah. Membutuhkan ketelitian dan kesabaran, terutama terkait dengan pakan yang diberikan. Memberi pakan arwana yang biasa digunakan antara lain, jangkrik, belatung, kecoa, udang, pelet, ikan kecil, anak kodok, dan lain sebagainya. Setiap jenis pakan ini memiliki kandungan nutrisi berbeda yang dapat memengaruhi kesehatan ikan arwana itu sendiri. Lalu bagaimana cara memilih pakan yang baik untuk ikan arwana Anda di rumah?

Red Arwana

Red Arwana

Pada masa anakan, berikan asupan nutrisi yang baik untuk pertumbuhannya. Pakan dengan kandungan protein, lemak, serta kalsium, bagus untuk pertumbuhannya. Memilih pakan yang lunak bagus untuk pencernaan arwana muda yang belum maksimal. Agar lebih teratur, buatlah jadwal pemberian makan arwana setiap pagi, siang, dan sore hari.

Berikan pakan seperti cacing tanah khusus ikan dan cacing darah, kedua jenis pakan tersebut memiliki kandungan protein yang cukup besar. Sedangkan untuk kebutuhan kalsiumnya, ikan kecil dan anakan kodok bisa jadi pilihan tepat. Jika sudah cukup kuat, jangkrik bisa mulai diberikan.

Menginjak usia dewasa, seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya, porsi makan wajib ditambah. Arwana dewasa membutuhkan asupan protein dan serat yang cukup agar warna tetap pekat terjaga. Makanan yang baik untuk arwana dewasa di antaranya adalah udang dan jangkrik. Udang bagus untuk kepekatan warna ikan. Hilangkan kulit, kepala, dan ekor, lalu potong kecil-kecil sebelum diberikan pada arwana Anda. Selain udang, jangkrik juga bisa jadi makanan utama. Selain murah, kandungan nutrisi yang dimiliki jangkrik sangat baik untuk pakan hewan peliharaan seperti ikan, burung, landak, dan lain sebagainya.

Gold Arwana

Gold Arwana

Jangkrik memiliki kadar serat dan protein tinggi, bagus untuk menambah kecerahan warna pada arwana, terutama jangkrik muda yang cocok untuk arwana. Hilangkan sungut dan kedua kaki jangkrik sebelum diberikan pada ikan, agar ikan terhindar dari risiko terluka saat makan. Anda juga bisa memberikan jangkrik kering sebagai pengganti jangkrik hidup. Menyajikan jangkrik kering untuk ikan arwana kesayangan anda, selain praktis juga sangat baik untuk pencernaan ikan. Jangkrik kering lebih mudah hancur, sehingga organ pencernaan ikan bekerja ringan untuk mencerna dan menghancurkan jangkrik.

tags: , , , , , , ,