Tips Memelihara Arwana

Saturday, August 27th 2016. | Untuk Ikan Hias

Arwana adalah salah satu jenis ikan yang lazim dipelihara di akuarium. Bentuknya yang unik serta karakternya yang berbeda memang menarik, terutama bagi para penggemar ikan hias. Salah satu keunikan arwana yang mampu membuat para penggemar ikan hias tergila-gila adalah kemampuannya melompat ke atas permukaan air. Tak heran jika ikan ini biasa makan binatang-binatang seperti jangkrik, belalang, atau kodok.

Pemberian Makan

Arwana

Arwana

Sebagian jenis ikan peliharaan hanya butuh diberi makan sebanyak satu kali perhari. Berbeda dengan arwana yang berada dalam masa pertumbuhan. Ikan ini bisa diberi makan tiga kali sehari, yaitu pagi, siang, dan sore hari. Pada waktu pemberian makan ini, arwana menyukai jenis makanan yang berbeda-beda. Misalnya, pada pagi hari ia makan jangkrik, siang hari makan kodok, dan sore hari diberi makan ikan kecil.

Baca juga: Beli Jangkrik MARKEL Gratis Ongkir

Namun, saat sudah dewasa, arwana tidak perlu lagi diberi makan sebanyak itu. Arwana dewasa yang berukuran 30 inci cukup diberi makan sekali saja dalam sehari. Bahkan, ia juga masih tahan jika hanya diberi makan sekali dalam dua hari. Hal ini dilakukan supaya akuarium tidak cepat kotor karena sisa-sisa makanan. Biarkan arwana merasa agak kelaparan sehingga ia pun akan menghabiskan seluruh makanan yang diberikan.

Usahakan Akuarium Tetap Bersih

Bersihkan Akuarium

Bersihkan Akuarium

Menjaga kualitas air akuarium supaya tetap bersih adalah kewajiban bagi pemelihara ikan arwana. Jika hal ini diabaikan, arwana rentan terkena penyakit. Sisa-sisa makanan yang tidak habis sering kali mengotori akuarium dan menjadi sumber penyakit bagi arwana.

Beberapa hal yang bisa dilakukan agar air dalam akuarium tidak cepat kotor adalah dengan memperhatikan jumlah makanan yang diberikan. Anda juga bisa mengganti jangkrik hidup dengan jangkrik kering. Selain lebih mudah didapatkan, jangkrik kering bebas dari kemungkinan membawa sumber penyakit yang bisa membahayakan arwana kesayangan Anda. Selain itu, air akuarium pun harus diganti dalam jangka waktu tertentu.

Makanan untuk Keindahan

Jangkrik Kering

Jangkrik Kering

Arwana dipelihara karena keindahan dan kegesitannya ketika memakan mangsanya. Oleh karena itu, pemilik perlu menjaga kedua hal tersebut. Makanan yang sangat cocok untuk menjaga sisik arwana tetap terlihat cerah dan bersih adalah jangkrik, kecoak, atau udang. Namun, jangan sampai karena terlalu bersemangat menginginkan keindahan tersebut, Anda lantas memberikan makanan dalam jumlah yang berlebihan.

tags: , , , , , , , , , , ,