Tips Membuat Si Burung Kacer Rajin Berkicau

Saturday, September 3rd 2016. | Untuk Burung

Burung kacer biasanya memiliki bulu berwarna hitam bercorak putih atau keabuan di beberapa bagian tubuhnya. Untuk mencetak kacer yang rajin berkicau dan gacor/lantang, tentu mudah bagi Anda penggemar kacer. Akan tetapi bagi para pemula yang baru mengenal burung tersebut, hal itu bisa jadi masalah besar. Salah perawatan berdampak pada turunnya kualitas kicauan dan kesehatan burung kacer. Berikut tips membuat burung hitam putih tersebut rajin berkicau.

1. Pemilihan Kacer

Burung Kacer

Burung Kacer

Pilihlah kacer jantan karena biasanya lebih getol berkicau dibandingkan dengan betinanya. Membedakan kacer jantan dan betina dewasa dapat dilihat dari bulu hitam di kepalanya. Jika tampak mengilap kemungkinan itu burung jantan, namun jika memiliki motif keabuan biasanya itu kacer betina.

2. Kebersihan Kacer

Kacer

Kacer

Mandikan kacer setiap hari (sekitar pukul tujuh pagi) menggunakan semprotan. Anda bisa juga memandikan di bak supaya lebih bersih. Usai mandi, biarkan kacer berjemur menikmati sinar matahari dan udara pagi yang segar.

3. Kebersihan Kandang

Kandang Burung Rumah

Kandang Burung Rumah

Bersihkan kotoran kacer setiap hari. Jangan lupa untuk menambah makanan dan mengganti air minumnya dengan air matang atau air mineral.

4. Makanan Berkualitas

Voer

Voer

Pilih makanan berkualitas seperti voer yang memiliki kandungan gizi seimbang supaya kacer tetap sehat, rajin berkicau, dan gacor.

5. Pemasteran

Kacer Berkicau

Kacer Berkicau

Pemasteran adalah terapi yang dilakukan dengan memperdengarkan suara burung kacer yang gacor atau kacer jawara secara langsung atau melalui media MP3.  Sebaiknya pemasteran dilakukan setiap hari sehingga memengaruhi kacer Anda untuk rajin berkicau juga.

6. Makanan Tambahan

Makanan Tambahan

Makanan Tambahan

Makanan tambahan dikenal juga dengan sebutan extra fooding. Beberapa jenis makanan tambahan yang tepat untuk burung kacer adalah jangkrik, kroto, dan ulat hongkong. Berikan jangkrik 2-4 ekor di pagi dan sore hari. Ulat hongkong secukupnya dan kroto 2 kali dalam seminggu. Apabila Anda tidak memiliki waktu mencari jangkrik hidup, Anda dapat menggantinya dengan jangkrik kering atau tepung jangkrik. Produk jangkrik kering Markel adalah contohnya. Jangkrik Markel memiliki keunggulan diantaranya higienis, bebas kuman dan bakteri, lebih praktis, tanpa pengawet, serta mudah dicerna, pastinya aman bagi burung kacer kesayangan Anda.

Itulah beberapa tips praktis membuat burung kacer gacor atau rajin berkicau. Perawatan kacer yang baik, lingkungan nyaman, serta makanan bermutu adalah kunci menghasilkan kacer rajin berkicau.

tags: , , , , , , , , , ,